Diposting oleh

Script Otomatic Flush Dns Cache Mikrotik

Diposting oleh
Jasa Setting Mikrotik Script Otomatic Flush Dns Cache Mikrotik - cara flush dns cache mikrotik, dns adalah domain name system yang berfungsi sebagai sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) (wikipedia)
DNS merupakan singkatan dari domain name system, pada siswa saya jurusan teknik komputer dan jaringan, saya sering menyebutkan dns ini adalah sebuah server yang berfungsi layaknya sebuah kamus, dimana dns ini berfungsi untuk menerjemahkan ip address kedalam bentuk host (domain) dan sebaliknya menerjemahkan domain(hostname) kedalam bentuk ip address.
Script Otomatic Flush Dns Cache Mikrotik - Dns yang sering saya ajarkan pada siswa saya, yaitu dns yang menggunakan operating system opensource yaitu BIND9.  Nah dns yang di flush dalam tulisan saya ini yang berjudul Script Otomatic Flush Dns Cache Mikrotik merupakan dns yang di gunakan oleh routerboard mikrotik.

Dns routerboard mikrotik juga tidak jauh beda dengan dns bind9, bedanya hanya saja kemudahan menggunakannya, dns pada routerboard mikrotik sudah terinstall secara buildin, sedangkan bind9 masih membutuhkan configurasi lebih lanjut.

Fungsi dari flush dns adalah untuk mengubah informasi yang telah disimpan dns cache, agar merecord informasi baru terhadap host dan domainnya, dan merecord data host dan domain yang telah terupdate.

Secara manual flush dns mikrotik bisa di lihat dari gambar berikut ini, panah-panah merah dalam gambar menunjukkan cara flush dns mikrotik secara manual, lewat gui routerboard mikrotik.


Kalau gambar diatas menjelaskan langkah-langkah flush dns cache mikrotik secara manual, dan cara berikutnya adalah dengan membuat script otomatis flush dns cache mikrotik, sehingga dengan script Script Otomatic Flush Dns Cache Mikrotik ini kita tidak perlu memplototi dns-cache mikrotik yang kepenuhan, karena script melakukannya secara otomatis.

Berikut cara membuat script otomatis flush dns cache mikrotik

/system script 
add name=dnsflush policy=ftp,reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff,sensitive,api source="/ip dns cache flush"

Buat schedulenya di jalankan berapa jam sekali, saya buat di mikrotik yang saya setting mikrotiknya, 1 jam sekali flush dns cache.

/system scheduler
add disabled=no interval=1h name=dnsflush on-event=dnsflush policy=\
ftp,reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff,sensitive,api \
start-time=startup

Jika schedule dns cache di clear dalam 1 hari set aja intervalnya jadi interval=1d 00:00:00 . Sciprt otomatis flush dns cache mikrotik. Semoga bermanfaat.

1 komentar: