Diposting oleh

Shutdown Linux Tanpa Access Root

Diposting oleh
Mandailing Natal - Cara Shutdown Linux Tanpa Access Root, Root adalah user paling inti dan vital di unix seperti mfbsd, freebsd, dan keluarga linux, dan sangat berbahaya bila di berikan pada orang yang salah dan tidak bertanggung jawab. Dengan access root system secara total dapat di kuasai. Tentu keadaan ini sangat berbahaya bila password dan login root sebuah server di miliki oleh orang yang kurang bertanggung jawab di dalam team kerja.



Dengan alasan keamanan dan vitalnya access root. Tentu sedikit merepotkan bila system perlu di restart dan shutdown sementara kita sebagai pemegang tertinggi system adalah kita. Terlebih lagi bila kita tidak memilik access untuk meremote mesin linux /unix yang kita tangani.
Untuk mengatasi dan memberikan hak access user hanya untuk shutdown linux tanpa access root secara total dapat di atasi dengan beberapa langkah.

Cara shutdown linux tanpa access root dapat di lakukan dengan cara :
  1. Pertama tentu harus memilik access root untuk memberikan access pada user menjalankan perintah tertentu. Pada kasus ini user yang saya beri access shutdown tanpa password root adalah user : OP setelah terlebih dahulu mengcreate user op di mesin linuxnya.
  2. Ketikan Jalankan perintah sudo chmod u+s /sbin/shutdown
  3. Modifikasi /etc/sudoers dengan perintah visudo caranya dengan mengetikkan perintah  : sudo visudo pada consol server
  4. Tambahkan username op untuk menjalankan access shutdown dengan cara mempaste code berikut ini didalam file /etc/sudoers atah visudo ini codenya:
%op ALL = NOPASSWD: /sbin/shutdown

Sebelum 4 langkah ini di lakukan pastikan terlebih dahulu bahwa create user op untuk menjalankan perintah shutdown telah di buat, dan perintah shutdown linux tanpa acess dan password root adalah berikut :
sudo shutdown -h now 
Untuk merestart
sudo shutdown -r now 
Cara ini sering saya gunakan untuk memberikan hak access shutdown pada linux ubuntu yang di install squid proxy pada warnet warnet client saya, untuk menghindari kejahilan operator.Shutdown Linux Tanpa Access Root

Tidak ada komentar:

Posting Komentar