Diposting oleh

Pengertian PHP

Diposting oleh
Mandailing Natal - Pengertian PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemgroaman atau boleh disebut juga sebagau programing language. Php bahkan sepertinya menjadi bahasa pemrograman web yang sangat wajib di kuasi bagi web programer, web designer, webmaster, dan title-title yang memegang nama web.



Konon kata wikipedia, php digunakan oleh kurang lebih 82% web server di seluruh dunia. Bahasa pemrograman php, merupakan bahasa pemrograman server-side scripting artinya bahwa teknologi web server yang request client terhadap informasi dan data di proses langsung oleh server. Server Side Scripting merupakan teknik yang di gunakan dalam design website yang melibatkan embedding code didalam code html yang akan menghasilkan permintaan client ke server sebuah website yang di tangani oleh script server-side yang di jalankan (dalam hal ini php) sebelum server merespon permintaan client. Singkatnya Server Side diartikan bahwa php di proses di sisi server bukan di sisi client (browser).

Php di kembangkan tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, yang konon sekarang katanya di pegang oleh The PHP Group. Pada awal mulanya php di sebut sebagai singkatan dari Personal Home Page, sesuai nama php tersebut di gunakan sebagai pembuatan halaman website pribadi, namun pada perkembangan berikutnya PHP menjadi program yang sangat handal dan banyak di gunakan, di seluruh dunia, seperti wordpress, jomla, mamboo pada dahulu kala, yang kemudian mengubah nama PHP bukan lagi sebagai Personal Home Page namun menjadi PHP: Hypertext Preprocessor. Php boleh di gunakan oleh siapapun secara gratis (free) karena php merupakan bahasa pemrograman yang opensource, Opensource php memiliki licensi yang berbeda dengan linux (operating system yang terkenal itu), jikalau linux memiliki licensi GNU General Public License (GPL) maka php memiliki licensi PHP License.

Karena kepupuleran dan ke hebatan PHP, maka php pulalah yang menjadi dasar lahirnya Aplikasi CMS (content managemen system) seperti drupal, wordpress, jomla dll. Kenapa harus menggunakan php bukankah membuat website itu bisa juga dengan HTML ?.

Ya benar sekali, meskipun php bukan bahasa wajib dalam pembuatan website karena html juga bisa di gunakan untuk membuat halaman website.Namun kedua bahasa ini berbeda fungsi dan kemampuannya, kalo secara singkat html hanya bisa membuat halaman yang statis (tetap) tapi php bisa membuat halaman web atau content yang dinamis, dan masih banyak lagi mungkin perbedaan yang sangat signifikan yang membedakan jauh programing php dan Html. Semoga pengertian php ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar