Diposting oleh

Pengertian Nat Dalam Router Mikrotik

Diposting oleh
Jasa setting mikrotik - Pengertian Nat Dalam Router Mikrotik - pengertian nat dalam router mikrotik, NAT yang kepanjangannya sering di sebut (Network Address Translation).Nat Dalam router mikrotik merupakan salah satu pitur yang harus tersedia hampir di seluruh router yang ada, baik itu router mikrotik maupun router linux  maupun router cisco. Nat di gunakan untuk mentranslasikan sebuah ip local atau lebih ke sebuah ip publik, yang tujuannya adalah agar ip local mampu mengakses internet dengan memanfaatkan sebuah ip publik.


Sederhananya nat merupakan sebuah motode untuk menghubungkan satu komputer atau lebih ke internet menggunakan sebuah ip publik. Tujuan NAT di buat yakni untuk menghemat keterbatasan penggunakan ipv4 publik yang hampir habis, sehingga dengan fungsi nat sebuah ip publik dapat di translasikan ke beberapa buah ip private (ip lan). Dengan sebuah ip publik ini juga jaringan yang menggunakan ip private dapat berkomunikasi dengan dunia luar (jaringan internet). Terhubungnya koneksi internet antar masing-masing komputer dan router ini di sebut juga sebagai INTERNETWORKING

Sedangkan router sendiri, berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda, yaitu menghubungkan jaringan private dan jaringan publik, terhubungnya jaringan private dan jaringan publik tak lepas dari kemampuan nat untuk mentranslasikan ip private ke dalam sebuah ip local.

Ip berapa saja sih yang masuk dalam ip public, untuk mengenal mana ip public, di bawah ini saya berikan tabel range dari ip private, semua ip di luar range ip private ini masuk dalam list ip public.


Ip private merupakan ip yang tidak bisa berkomunikasi dengan jaringan luar tanpa bantuan NAT dalam router. Begitu juga dengan ip publik, yaitu ip yang tidak akan bisa berkomunikasi dengan ip private.

Dalam gambar ip private diatas, dapat kita simpulkan nantinya mana saja kah yang termasuk dalam ip publik, dan ip private. Setiap yang tidak masuk dalam range ip list diatas di masukkan kedalam jenis ip publik.

Fungsi dari NAT dalam router mikrotik adalah:

  • Untuk menghemat ip publik, karena dengan sebuah ip publik dapat di gunakan untuk beberapa ip private (hampir tidak terbatas).
  • Meningkatkan fleksibilitas jaringan
  • Menghindari dan mengurasi duplikat ip address.
  • Mentranslasikan sebuah ip publik ke beberapa ip private.
  • Menghindari pengalamatan yang berulang ketika jaringan publik berubah.
Untuk Network Address Translation NAT  (Pengertian Nat Dalam Router Mikrotik)sendiri memiliki dua jenis yaitu: Nat dinamis dan nat Statis, Untuk mengenal nat statis dan nat dinamis nanti dalam postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar