Diposting oleh

Cara Menginstall Bind9

Diposting oleh
Mandailing Natal - Cara Menginstall Bind9 - Software bind9 sering gunakan sebagai DNS server, baik jaringan local maupun jaringan umum seperti jaringan internet ataupun jaringan warnet.  Bind9 merupakan sebuah software, tak ubahnya software-software lain seperti squid, apache, dan software lainnya.



Untuk menginstall bind9 terlebih dahulu update packet-paket yang di butuhkan pada debian server maupun ubuntu servernya dengan perintah :
apt-get update 
Selain penggunaan perintah apt-get, bisa juga langsung menggunakan perintah aptitude update pada kedua operating system turunan debian, seperti ubuntu, kali linux, untuk menginstall bind9 menggunakan perintah aptitude dengan cara mengetikan perintah aptitude install bind9 pada konsol linux debian/ubuntu server. Jika update system paket telah selesai lanjutkan penginstallan bind9nya dengan perintah pada konsol linux.
apt-get install bind9 
Untuk mempercepat pekerjaan biasanya, apt-get update dan apt-get install bind9 dilakukan dalam sekali kerja(perintah) dengan menggunakan tanda && diantara apt-get update juga apt-get install bind9 seperti berikut ini
apt-get update && apt-get install bind9 -y 
Opsi -y artinya untuk menyetujui penginstallan paket secara otomomatis. Jika proses installasi bind9 telah selesai, lanjut kelangkah berikutnya dengan cara masuk ke directory /etc/bind,
cd /etc/bind
Backup file named.conf.local dengan nama lain misalnya menambahkan tulisan backup di belakang tulisan named.conf.local menjadi named.conf.local-backup, dengan maksud serta tujuan di backup file named.conf.local yaitu apabila terjadi error pada system atau bind9nya kita dapat mengambalikan konfigurasi named.conf.local pada configurasi bawaannya.

Selain untuk mengamankan file named.conf.local, tujuan dari backup ini tak lain, karena configurasi bawaan named.conf.local tidak kita gunakan pada configurasi bind9 ubuntu server, namun mengambil configurasi dari file named.conf.defaul-zones.

Cara membackup file di linux debian bisa menggunakan perintah mv seperti berikut:
mv named.conf.local named.conf.local-backup 

Cara menginstall bind9 selanjutnya, mengcopy file named.conf.default-zones kedalam file named.conf.local  atau membuat file named.conf.local baru, karena named.conf.local bawaan bind9 ubuntu debian server telah kita rename pada langkah sebelumnya, mengcopy named.conf.default-zones kedalam named.conf.local dengan perintah cp namafilelama namafilebaru misalny.

cp named.conf.default-zones named.conf.local

Hapus isi file named.conf.local yang tidak kita butuhkan, sisakan zone"localhost" dan zone"127.in-addr.arpa" yang nantinya juga akan kita ubah sesuai kebutuhan jadi seperti gambar named.conf.local


Tulisan localhost ganti dengan nama hostname (domain) yang di gunakan, misalnya domain yang di gunakan, dalam contoh ini : tkj.net

file:/etc/bind/db.local ubah jadi /etc/bind/db.namahostname dalam kasus berikut db.local saya buat jadi db.tkj begitu juga zone 127 ubah jadi ekor dari ip yang kita gunakan biar tidak membingungkan, jadi zone "12 .... "  serta file "/etc/bind/db.127 saya ubah jadi db.12, seperti terlihat pada gambar named.conf.local diatas.

Jika tampilan sudah seperti dalam gambar, silahkan simpan configurasi dengan perintah CTRL +X dan pilih Y kemudian Enter.

Copy file db.local yang asli ke file db.tkj agar db yang ada dalam configurasi named.conf.local sesuai dengan apa yang ada dalam folder/directory bind9 yang terletak di /etc/bind/

Copy juga file db.127 menjadi db.12 sama persis seperti yang di lakukan terhadap db local, cara copynya seperti berikut:

cp db.local db.tkj
cp db.127 db.12

Jika sudah di copy, kita ubah file db.tkj dengan perintah :

nano /etc/bind/db.tkj

Ganti semua tulisan berikut:

localhost. ganti jadi tkj.net.

127.0.0.1 Ip loopback (iplocalhost) ganti jadi ip interface yang kita gunakan, baik yang mengarah ke publik maupun local, terserah yang mana, misalnya saya menggunakan ip 192.168.0.252


Simpan configurasi, hasilnya seperti gambar db.tkj


Ubah file db.12 dengan perintah
nano /etc/bind/db.12 

Configurasinya mirip dengan db.tkj, hasilnya seperti gambar db.12  :


Jika file-file berikut di bawah sudah di configurasi, berarti selesai sudah cara install bind9 ubuntu servernya, tinggal langkah terakhir restart ubuntu server. Berikut langkah-langkah dalam menginstall bind9 sebagaimana telah kita kerjakan sebelumnya.
  • named.conf.local  di copy dari named.conf.default-zones dan di ubah isinya seperti diatas
  • db.local di copy jadi db.tkj dan di ubah isinya seperti diatas
  • db.127 di copy serta di ubah isinya seperti diatas
  • restart bind9 seperti perintah di bawah ini
/etc/init.d/bind9 restart
Kemudian ubah file /etc/resolv.conf ganti nameserver menjadi
nameserver 127.0.0.1
Test dnsnya dengan perintah
dig tkj.net


Agar dns bind9 dapat terkoneksi dengan internet, kita perlu mengubah satu file lagi, yaitu named.conf.options dengan mengubah code-code berikut perintahnya
nano named.conf.options

Kemudian ubah isi named.conf.options terlihat seperti bagian
// forwarders {
// 0.0.0.0;
// };

Hilangkan garis miring pada tulisan tersebut dan ganti angka 0.0.0.0 menjadi 8.8.8.8;

Lihat kebawah dan cari code ini
dnssec-validation auto; 
ubah menjadi
dnssec-validation yes; 
Simpan configurasi kemudian restart bind9, ip komputer ubuntu kita sudah siap digunakan jadi dns server di client windows maupun linux.

Mandailing Natal - Cara Menginstall Bind9 ubuntu server, dns bind9 digunakan jadi dns server client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar