Cara Install Asterisk Ubuntu Server Virtualbox

07 Maret 2016

Mandailing Natal - Cara Install Asterisk Ubuntu Server Virtualbox asterisk merupakan software opensource berbasiskan linux, yang di buat oleh mark spencer sekitar tahun 1999, dengan mengimplementasikan cara kerja PBX (private branch exchange). Yang dapat di gunakan sebagai voip (voice over internet protocol) server dengan memanpaatkan SIP (session initiation protocol), Media Gateway Control Protocol (MGCP), protocol H.323 yang merupakan suatu Standart International Telecomunication Union - Telekomunications (ITU-T), selain itu asterisk juga mendukung voice mail, panggilan otomatis, dan live conference call dan masih banyak vitur lainnya.

Dalam test ini saya menggunakan virtualbox, yang didalamnya terinstall ubuntu serverUbuntu 15.10, yang bertindak sebagai server voip. Configurasi asterisk di ubuntu server terbilang sangat mudah, sangat-sangat mudah untuk installasi sederhananya, namun untuk configurasi automatic call mungkin perlu pembahasan lebih lanjut. Namun untuk berkomunikasi dua arah dengan settingan sederhana server asterisk berjalan dengan baik, bahkan sangat baik.


Cara Install Asterisk Ubuntu Server Virtualbox - cara configurasi asterisk ubuntu server virtualbox sangat mudah, berikut caranya

sudo apt-get update
sudo apt-get install asterisk

Configurasi sip dari asterik yang terletak di file /etc/asterisk/

cp /etc/asterisk/sip.conf /etc/asterisk/sip.conf-original
nano /etc/asterisk/sip.conf

Kemudian isi nomor, password, contex di bagian bawah file sip.conf untuk memindahkan kursor lebih cepat ke bagian bawah tekan saja tombol pagedown di keyboard, dan isikan data seperti berikut ini :

[8001]
type=friend
context=test1
username=8001
secret=8001
host=dynamic

[8002]
type=friend
context=test1
username=8002
secret=8002
host=dynamic


Keterangan:
  • [8001][8002]merupakan nomor yang akan di dial dari android, komputer maupun laptop.
  • type : untuk menentukan group dari nomor telephon yang di gunakan, bisa manager, staff dan lain-lainnya, bebas di isi apasaja, sesuai dengan group telephone nya.
  • context : isian ini saya warnai merah, agar tidak salah saat configurasi nanti di extensions.conf
  • username : boleh disi apasaja, di gunakan untuk login nanti di software xlite.
  • secret : password untuk isian xlite juga bebas diisi apa saja.
  • host : dynamic saja, gak usah di ubah.

Kemudian configurasi extensions.conf, dengan cara

nano /etc/asterisk/extensions.conf

isi code seperti ini di bagian bawah dari extensions.conf. Perlu di parhatikan context pada sip.conf harus sama yang di extensions.conf perhatikan yang saya warnai merah di masing masing kedua file,

[test1]
exten =>8001,1,Dial(SIP/8001)
exten =>8002,2,Dial(SIP/8002)


Keterangan:
  • [test1]; : diambil dari context sip.conf

Saya buat ini di dedikasikan untuk anak-anak tkj-trpl Smk Swasta Teruna, agar lebih giat lagi belajarnya, jangan main-main terus. Cara Install Asterisk Ubuntu Server Virtualbox ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar