Diposting oleh

Pengertian Nat Statis Nat Dynamis

Diposting oleh
Jasa setting mikrotik - Pengertian Nat Statis Nat Dynamis router mikrotik, memahami pengertian nat statis nat dynamis router mikrotik, memahami static nat dan dynamic nat router

Seperti pada postingan sebelumnya tentang pengertian nat dalam router mikrotik bahwa ip private tidak akan bisa berkomunikasi dengan jaringan luar dalam hal ini adalah jaringan internet, ip private dapat berinteraksi dengan dunia luar seperti game online, facebook, dan google bantuan dari nat, untuk me masq ip private tersebut dengan ip publik. Pada dasarnya dalam dunia jaringan ada 2 dua nat yang dikenal, yaitu nat statik (static nat) dan nat dinamis (dynamic nat). Nat statis dan nat dynamis masing masing memiliki keuntungan dan kelebihannya.
NAT STATIS (STATIC NAT)

Pengertian nat statis (static nat) yaitu sebuah ip private di petakan dengan sebuah ip publik, atau dikenal juga dengan sebutan one to one mapping. Artinya sebuah ip private di petakan dengan sebuah ip publik. Nat Statis (static nat ) dalam router mikrotik dapat kita lihat contohnya seperti berikut:
/ip firewall nat add action=dst-nat chain=dstnat dst-address=10.0.0.216/32 to-addresses=192.168.0.4
Router mikrotik memiliki pitur lain selain one-one mapping, yaitu pitur netmap, yang bisa kita gunakan juga untuk memetakan ip private denga ip publik.

/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=11.11.11.0/24 action=netmap to-addresses=2.2.2.0/24
/ip firewall nat add chain=srcnat src-address=2.2.2.0/24 action=netmap to-addresses=11.11.11.0/24  

Atau bisa juga yang kita petakan berupa port atau di kenal juga port-forwading, teknik ini yang paling banyak di gunakan sebagai akses berkomunikasinya ip private dengan ip publik, terlebih untuk meremote cctv dari jaringan internet (meremote cctv dari hp ). Static nat untuk router linux bisa kita gunakan perintah seperti berikut:

iptables -t nat -A POSTROUTING --o eth0 -s 192.168.0.4 -j SNAT --to-source 101.19.17.1 

NAT DYNAMIS (DYNAMIC NAT)

Pengertian nat dinamis (dynamic nat) yaitu pemetaan beberapa buah ip private ke beberapa buah ip publik, atau sebaliknya pemetaan beberapa ip publik ke beberapa buah ip publik, pada kenyataannya hal ini sangat boros akan ip publik, karena masing-masing ip private harus di terjamahkan ke masing-masing ip publik, artinya 1 ip private harus memiliki satu buah ip publik, ini juga menjadi kendala sehingga terlahirlah teknik masquerade, dengan kemampuannya untuk menerjemahkan beberapa ip private ke sebuah ip publik, jika di linux kita menggunakan nat dinamisdapat di buat seperti berikut :

/ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=Public


NAT DINAMIS di router cisco
Nat Dinamis di router mikrotik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar