Diposting oleh

Memahami Vlan Router

Diposting oleh
Jasa setting mikrotik - Mandailing Natal, Memahami vlan router - membuat vlan packet tracer serta dhcp server router paket tracer pernah sebagai judul postingan mandailing natal. Memahami Vlan Router sebagai tulisan saya untuk memahami fungsi vlan itu sendiri.


Vlan merupakan singkatan dari Virtual Lan, memanfaatkan vlan bisa menjadi salah satu cara efektif untuk kita dalam memisahkan jaringan berdarasarkan kebutuhannya. Terlebih lagi jika jaringan yang di kelola semakin luas. Tentunya akan banyak membutuhkan switch-switch di berbagai tempat, dengan banyaknya switch-switch tersebut tentunya akan menambah cost terhadap perusahaan, keuntungan lainnya terhadap kwalitas koneksi, dengan bantuan vlan maka jaringan dapat lebih terminimalisir broadcast dan mutlicastnya, broadcast dan multicast ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi kwalitas jaringan kita, singkatnya vlan mampu mengurangi beban broadcast dan multicast didalam sebuah jaringan (menurut pendapat saya sih).

Selain itu vlan juga dapat berguna untuk mempermudah kita dalam mengelola jaringan, dan membaginya berdasarkan divisinya masing-masing, seperti pengalaman saya dalam jasa setting mikrotik vlan dapat di gunakan pada modem, yang memiliki wifi, dimana kita tahu koneksi dari telkom selalu menyertakan juga menggunakan modem adsl. Kadang modem adsl milik telkom disertai dengan kemampuan wifi (wireless). Dengan adanya vlan modem tersebut bisa di gunakan sebagai access point yang memancarkan signal wifi kita, sekaligus sebagai modulator koneksi internet yang berasal dari telkom, manajement wifi serta dial koneksi dapat secara terpisah kita lakukan di router mikrotik.

Singkatnya menggunakan vlan, kita bisa memanfaatkan sebuah perangkat dengan dua kebutuhan sekaligus, ibaratnya vlan tersebut menjadi 2 buah kabel yang terpisah, kabel secara logi (logical cable).

Jasa setting mikrotik juga pernah meng-configurasi sebuah interface, dengan dua kebutuhan berbeda, ketika mikrotik hanya memiliki sebuah interface sementara di butuhkan dua buah interface yang harus ada, akan di gunakan untuk 2 buah koneksi berbeda saat itu, yaitu untuk jalur koneksi ke arah warnet kemudian satu koneksi lagi kearah hotspot, sementara lancard router hanya ada satu, dengan mamanfaatkan vlan hal tersebut dapat diatasi, ketika itu jasa setting mikrotik membuat vlan dimikrotik serta vlan keduanya di wireless keluaran ubnt.

Dengan vlan tersebut wifi serta jaringan warnet tidak saling terganggu, sederhananya ip dhcp untuk hotspot mikrotik tidak menjadi ip dhcp warnet. Berpisah secara logika pada router mikrotik.

Selain keuntungan vlan router - tentunya vlan juga memiliki kerugian, dianta kerugian vlan
  • Bertambah biaya untuk membeli switch, syukurnya hal ini tidak perlu jika menggunakan router mikrotik, karena pitur vlan ada dalam router mikrotik (agak maksa dikit heheh)
  • User tidak bisa sembarangan berpindah-pindah jaringan karena telah di tentukan vlan id masing-masing.
  • Susah berbagi informasi kesub departemen jika ada informasi yang harus di bagikan lewat jaringan. Simplenya komputer-komputer dalam sebuah vlan tidak akan bisa berkomunikasi dengan komputer dengan vlan yang berbeda.
  • Yang lainnya tambahi sendiri. 
 Mengenal maupun memahami vlan.
  • Merepotkan : artinya ketika kita ingin menambah mengubah maupun memindahkan network, kita harus melakukan configurasi port terhadap vlan, agar sesuai network dengan vlan dengan configurasinya.
  • Perlu diingat : Port hampir semua switch bawaannya sudah di set dengan nama vlan1, artinya secara default hampir semua port switch di rekomendasikan ke vlan1. Sedikit berbeda katanya dengan router cisco karena memberikan keluesan vlan selain vlan 1, tujuannya untuk keperluan admistratif. 
  • Jaringan lebih fleksibel terlebih jika jaringan semakin besar, namun memiliki resiko gangguan broadcast meskipun katanya kecil.
  • Jaringan lebih aman dikarenakan masing-masing departement/devisi terpisah secara logika dengan bantuan virtual lan.
 Jenis-jenis vlan

Vlan memiliki jenis,  ada 3 buah jenis vlan yakni

Vlan statis (static vlan)

Seperti namanya vlan statis, ketika ada user/host baru kita harus melakukan set port untuk diarahkan ke vlannya agar terkoneksi, vlan statis paling mudah serta simple untuk di gunakan

Vlan Dinamis

Jika vlan statis ada, tentunya dinamis tak mau ketinggalan, vlan dinamis, dengan mengelompokkan user vlan berdasarkan mac-address, aplikasi maupun protocolnya.  Para administrator cisco sering menggunakan VLAN Management Policy Server untuk mensetup database dari alamat-alamat mac-address hostnya.Singkatnya VLAN Management Policy Server memetakan alamat mac-address ke masing-masing vlan sesuai kebutuhan.

NATIVE VLAN





Thanks to: https://belajarcomputernetwork.com/2010/11/05/virtual-local-area-network-vlan/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar