Diposting oleh

Referensi Model Osi Jaringan Komputer

Diposting oleh
Jasa setting mikrotik - memahami jaringan komputer tentu tak lepas dari kita memahami bagaimana data itu bisa sampai ke tujuannya. Informasi maupun data sampai atau terkirim dari komputer kita memiliki proses tertentu sehingga tercapai tujuan dari jaringan komputer itu sendiri ( berbagi resource).

Informasi sampai kekomputer kita ataupun terkirim memiliki proses yang sangat panjang serta melewati lapisan-lapisan (layer). Pertama sekali informasi di olah menjadi data kemudian menjadi segmen-segmen - kemudian di olah lagi menjadi bagian paket-paket - diolah lagi menjadi bagian lebih kecil yaitu frame-frame - terakhir di olah dan di pecah menjadi bagian lebih kecil lagi yaitu menjadi bagian bit-bit yang di transmisikan lewat kabel jaringan maupun wireless ke node-node penerima kemudian di proses kembali seperti sebelumnya sehingga di ketahui kembali informasi asalnya.

Untuk mempermudah transformasi data tersebut, memahami pengertiannya dan mengerti akan lapisannya, serta mempermudah vendor-vendor pembuat hardware jaringan komputer, di sepakatilah sebuah referensi umum yang di sebut osi layer ( lapisan OSI). Osi sendiri memiliki kepanjangan Opens System Interconnection yang di buat oleh ISO (International Standarisation Organization).

OSI memberikan 7 buah layer standar terhadap transimi informasi, adapun 7 buah lapisan standar tersebut adalah

  1. Aplication
  2. Presentation
  3. Session
  4. Transport
  5. Network
  6. Data Link
  7. Phisik

Lapisan 1,2,3 yakni lapisan Aplication, presentation, session sering di sebut lapisan paling atas (UPPER LAYER) sedangkan lapisan 4,5,6,7 yakni transport, network, data link, pisik, sering di sebut lapisan bawah (LOWER LAYER). Bagaiman data di olah di masing-masing layer, dapat kita fahami pada pengertian masing-masing lapisan referensi model osi berikut.

Lapisan 7 Aplication Data
Lapisan 6 Presentation
Lapisan 5 Session
Lapisan 4 Transport Segmen
Lapisan 3 Network Paket
Lapisan 2 Data link Frame-frame
Lapisan 1 Phisik Bit - Bit

Proses penambahan header Information (Encapsulation)


Lapisan Proses Encapsulation
Aplication, presentation, session Lapisan dimana proses data di buah menjadi segmen atau data stream
Transport Lapisan dimana Segment di ubah menjadi paket atau datagram
Data Link Lapisan yang bertanggung jawab mengubah paket menjadi Frame
Phisik Lapisan yang bertanggung jawab mengubah frame menjadi bit-bit data


APLICATION.

Aplication merupakan lapisan paling tinggi dalam lapisan referensi model osi jaringan komputer, aplication menduduki lapisan nomor-7, dalam standar osi layer. Dimana layer aplication yang menjadi standar dalam pemberian layanan ke jaringan komputer untuk aplikasi pemakai dan mengadakan komunikasi dari program ke program

Contohnya: telnet, ftp, smtp, pop3, nfs (network file sharing), ftf, dns dan lain sebagainya.

PRESENTATION





Tidak ada komentar:

Posting Komentar