Mengenal Lebih Dalam Configurasi BIND9

14 Maret 2017

Mengenal Lebih Dalam Configurasi BIND9 - MandailingNatal - sepertinya tulisan Belajar linux squirrelmail apache php itu mudah karena tulisan Belajar linux squirrelmail apache php itu mudah terancam maka di buatlah tulisan Mengenal Lebih Dalam Configurasi BIND9.

Praktisi jaringan atau kerennya orang networking tentu tak akan merasa heran dan asing dengan sebutan BIND9, tentu juga fasih dan hapal opsi configurasi didalamnya, bahkan praktisi jaringan yang expert mampu mengubah coding bind9 itu sendiri untuk di gunakan sesuai kebutuhannya, karena kita bukan orang sakti seperti mereka, maka kita cukup mengenal saja opsi-opsi didalam configurasinya, meski sebenarnya tidak terlalu penting juga.

Bind9 merupakan sebuah software opensource yang di gunakan sebagai dns server, BIND singkatan dari Barkeley Internet Name Domain yang di buat oleh 4 orang mahasiswa Universitas California Barkeley. Apaitu DNS SERVER, dns server sendiri merupakan sebuah software yang di gunakan untuk memetakan ip ke domain name, maupun memetakan domain name ke ip address.

Tujuannya apa?, secara teknis sebenarnya komputer kita tidak mengenal yang namanya domain name, seperti facebook.com, youtube.com dan hostname/domain name lainnya. Komputer yang kita gunakan hanya mengenal ip yang kita berikan kepadanya untuk berkomunikasi dengan komputer lainnya, jadi singkatanya komputer berkomunikasi dengan bantuan ip address, yang tentunya tidak terlepas dari bantuan protocol TCP/IP.

DNS adalah singkatan dari Domain Name System

Untuk mempermudah kita mengenal alamat sebuah host, maka di gunakanlan hostname/domain name yang tentunya lebih mudah kita ingat, timbang notasi ip address.

Beberapa opsi Configurasi yang ada dalam bind9 diantaranya seperti berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar