Setting SFTP Tanpa Access Shell linux oleh user

Cara Setting SFTP Tanpa Access Shell linux oleh user - memberikan access shell kepada user yang menggunakan linux server kita tentu menjadi hal yang sangat riskan terhadap keamana server linux kita.


SFTP merupakan satu tool yang di gunakan sebagai media transfer file dari client ke dalam server, Seperti namanya sftp menjamin keamanan transfer file menggunakan enskripsi layaknya ssh yang kita kenal. SFTP (SSH File Transfer Protocol).




dalam kasus ini kita akan memberikan sebuah access SFTP terhadap client, namun access tersebut tidak bisa di gunakan di konsol sebagai access remote kedalam server linux, singkatnya kita hanya memberikan access terhadap account user bisa meremote directory mereka dari tool SFTP saja.

Langkah yang harus kita kerjakan dalam mengamankan shell linux kita.

  • Buat userbaru untuk mengakses directory yang diizinkan diakses user lewat SFTP. dengan perintah

sudo adduser teruna
  • Buat directory untuk transfer file, secara default directory sftp tempat kita mengupload ada di /var/sftp dimana directory ini di miliki oleh user super user yakni user root, untuk itu kita perlu membuat sebuah directory didalam directory tersebut atau directory yang kita inginkan, yang hanya boleh di access lewat sftp. 
mkdir /var/sftp/upload


Tidak ada komentar:

Posting Komentar